Oleh: Joko Prasetyo | April 8, 2008

Rendah Hati

“Berbahagialah orang yang lemah lembut (rendah hati), karena mereka akan memiliki bumi” (Matius 5 : 5)

Pengajaran Tuhan Yesus tentang keselamatan bukanlah suatu keselamatan melalui suatu syahadat pengakuan iman, maksudnya kita tidak diselamatkan hanya dengan memiliki pengakuan iman semata, kita juga tidak diselamatkan melalui perbuatan baik, meskipun perbuatan baik itu penting. Lalu bagaimana kita diselamatkan ? Jawabannya adalah dengan jalan menjadi manusia baru melalui anugerah dan kuasa ALLAH (Yoh 3:3). Manusia baru itu seperti apa ? gambaran manusia baru itu secara tepat disampaikan oleh Tuhan Yesus dalam ucapan bahagia (Matius 5 : 3 – 12). Kebahagiaan dijanjikan kepada orang-orang tertentu, tidak sembarang orang, artinya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi perhatikan Mazmur 1: 1 “ Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasehat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yg tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat Tuhan dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.” Untuk memahami berbahagialah orang yang lemah lembut atau rendah hati karena mereka akan memiliki bumi. Bersama kita akan perhatikan Pararel dari Matius 5 : 5 yaitu Mazmur 37.sekarang bagaimana memahami ucapan “Berbahagialah orang yang lemah lembut (rendah hati) karena mereka akan memiliki bumi” Matius 5:5 ini sebenarnya dikutip langsung oleh Tuhan Yesus dari Mazmur 37:11 “Tetapi orang yang rendah hati (lemah lembut) akan mewarisi negeri (bumi) dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpa-limpah”

Apakah yang dimaksud lemah lembut/rendah hati

1. Orang yang percaya kepada Tuhan

Mazmur 37 : 3 :” Percayalah kepada Tuhan dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan belakulah setia”. Percaya kepada Tuhan artinya tidak sekedar percaya tetapi ada penyerahan diri secara total, percaya sepenuh hati, berani menanggung resiko, berani berkorban, selalu mengandalkan Tuhan, takut akan Tuhan (Mazmur 112 : 1,Ams 8: 13)

2. Orang yang menantikan Tuhan

Mazmur 37 : 9b “ ………….tetapi orang yang menanti-nantikankan Tuhan akan mewarisi negeri” untuk memahami yang dimaksud orang yang menatikan Tuhan marilah kita perhatikan Mazmur 37 : 7 ”Berdiam dirilah dihadapan Tuhan dan nantikanlah Dia, jangan marah………..” menantikan Tuhan artinya memperbolehkan Tuhan bertindak bagimu, jangan membalas. Jangan marah berarti harus bersabar dan jangan iri.

3. Orang yang hidup dalam kebenaran

Mazmur 37 : 29 “Orang yang benar akan mewarisi negeri dan tinggal disana senantiasa” Untuk memahami yang dimaksud orang yang hidup dalam kebenaran marilah kita perhatikan Mazmur 37:27 “Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik…………..” jadi hidup didalam kebenaran adalah menjauhi kejahatan/dosa, jika bertindak bertindaklah yang terbaik, jika berfikir berfikirlah yang terbaik, jika berbicara berbicaralah yang terbaik, Jadi lemah lembut tidak bisa hanya dilihat dari sikap atau penampilan cara berbicara, cara jalan dsb contoh seorang petinju tidak mungkin cara jalan dan bicaranya klemak-klemek mustinya dia gagah bicaranya tegas dsb. Musa pemimpin besar bangsa Israel mustinya orangnya gagah, tegas bicaranya keras tetapi alkitab dalam Bilangan 12:3 dikatakan Musa seorang yang sangat lembut hatinya. Jadi lemah lembut atau rendah hati adalah orang yang percaya kepada Tuhan, orang yang sabar dan orang yang hidup dalam kebenaran/membenci dosa.

Janji Tuhan jika kita rendah hati/lemah lembut :

  1. Maz 37:11 memperoleh berkat yang berlimpah-limpah
  2. Maz 37:23 setiap langkah dituntun Tuhan
  3. Maz 37:39,40 memperoleh keselamatan dan kemenangan
  4. Matius 5:5 memiliki bumi/mewarisi negeri, ketika Tuhan Yesus datang ke dua kalinya akan ada langit baru, bumi baru Yerusalem baru dan orang-orang pilihanNya akan memerintah Kerajaan Allah bersama Yesus (Wahyu 5:10,21:1, 22:5)

Responses

  1. tuhan kau mulia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: